Posted by: electrozone | May 23, 2010

Drive Test for Network Optimization

Untuk apa itu Optimasi jaringan !!! Optimasi merupakan langkah penting dalam siklus hidup suatu jaringan. Pada era teknologi nirkabel saat ini, tidak bisa di hindarkan lagi bahwa kebutuhan optimasi sangat di butuhkan. beberapanya adalah untuk meningkatkan QoS sebuah perusahaan telekomunikasi dan menjaga
pelanggan lama dan menarik pelanggan baru sambil mengembangkan kapasitas jaringan.

berikut blok diagram nya.

Kemampuan menganalisa frekuensi adalah sangat penting bagi para engineer GSM network. Karena kesalahan planning retune frekuensi akan sangat berpengaruh pada kualitas sinyal dan suara yang di hasilkan. Pada keadaan yang extrim akan menyebabkan susah melakukan outgoing/incoming call, dan juga bahkan menyebabkan dropped call.

Selain frequency, neighbor juga sangat penting untuk di perhatikan dalam planning dan maintenance suatu network. Pastikan network yang anda planning sudah tercreate dengan benar untuk setiap neighbor-neighbornya. Neighbor yang sangat kurang pada setiap cellnya tentunya akan mengakibatkan dropped call dalam kondisi bergerak, sebaliknya neighbor yang berlebihan dalam cell akan mengakibatkan penurunan power control.

STATIC DRIVE TEST
Tems merupakan drive test tools yang di produksi oleh ericsson yang sangat berguna untuk mengetahui kondisi jaringan cellular existing dan sebagai analisa terhadap seputar prolematika cellular. Dengan tools ini engineer merepresentasikan seagai user (pelanggan operator) yang nantinya data yang telah di ambil akan di olah sedemikian rupa hingga mengetahui problem-problem yang terjadi di setiap cell-cellnya.

point penting untuk static drive test yaitu :
a. Mengenal komponen penting tems
b. Bekerja dengan Command Squence
c. Static test call (metode short call)
d. GPRS test (Download/Upload)

Static Test Call
Static Test Call merupakan aktifitas yang biasa di lakukan oleh engineer untuk mendapatkan informasi kondisi network yang seolah-olah di posisikan sebaigai user/customer. Yang kemudian dapat di analisa lebih dalam lagi mengenai kondisi network di lokasi tersebut, apakah terjadi Block Call (traffic padat), dropped call, poor coverage, low quality, atau interference. Semuanya bisa diketahui dengan melakukan test call.
Short Call yang berarti MS(Mobile Phone) melakukan panggilan berulang-ulang (putus nyambung) dalam range waktu yang sama. Tujuan short call test adalah untuk mengetahui prosentasi kesusksesan panggilan dalam pengulangan telepon yang sudah di lakukan.

Metode Mobile Drive Test

Mobile Drive Test pada dasarnya adalah sama dengan drive test static. Ada beberapa metode yang sama seperti static drive test, namun kelebihan di mobile drive test kita akan mengetahui secara persis kondisi network kita, termasuk area yang poor coverage, area block call, area interference dsb.
a. Short Call yang bertujuan untuk mengetahui block call dan quality jaringan network
b. Long Call yang bertujuan untuk mengetahui kondisi neighbor cell dan menganalisa prosentasi kegagalan handover yang sangat berpengaruh pada call drop.
Sedikit berbeda dengan static drive test, pada modul kali ini membutuhkan satu buah tools lagi, yaitu GPS yang bertujuan untuk mengetahui lokasi dan hasil pemetakan log file.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: